PT. Nira MK dan PD. PCM Diduga Melakukan Pelanggaran Lingkungan Terkait Pembuangan Lumpur PT. LCI

ayuamalia, 04 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Cilegon - Persoalan pembuangan lumpur ke lahan PD.Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dilakukan oleh PT.Nira Murni Konstruksi hasil dari pengupasan lahan PT. Lotte Chemical Indonesia dipersoalkan BALHI Foundation.

Menurut Direktur Pengawasan Industri dan Limbah B3, Martin Mardini yang ditemui di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), ada pelanggaran lingkungan yang dilakukan oleh PT.Nira Murni Konstruksi. Martin mengatakan bahwa pelaksanaan pembuangan lumpur tidak sesuai dengan Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan Hidup (SPPL) yang dimiliki PT.Nira Murni Konstruksi.

"Dalam SPPL dinyatakan bahwa PT. Nira membuang lumpur sebanyak 20 ribu kubik ke lahan PD. PCM, nyatanya pada tanggal 8 agustus 2019, di rapat dewan (Badan Anggaran) Direktur PCM mengatakan lumpur sudah mencapai 60 ribu kubik" ungkap Martin.

Lanjutnya, Martin beranggapan bahwa tidak sesuainya dokumen SPPL dan pelaksanaan merupakan bentuk dari Pelanggaran Lingkungan dan harus ada yang bertanggung jawab.

"Kita sudah mengajukan audiensi kepada DLH kota Cilegon untuk memanggil PT. Nira Murni Konstruksi dan PD. Pelabuhan Cilegon Mandiri, supaya menjelaskan dan bertanggung jawab terkait pelaksanaan pembuangan lumpur tersebut. Namun, hingga kini kita belum bertemu dengan perusahaan yang dimaksud" tegas Martin.

Martin berharap agar Dinas Lingkungan Hidup kota Cilegon bisa secepatnya untuk memfasilitasi audiensi terkait dugaan pelanggaran lingkungan yang dilakukan PT. Nira Murni Konstruksi dan PD. Pelabuhan Cilegon Mandiri. (Ayu)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu